Skip to content
May 26, 2009 / zhaxnti

Ciwedey-Bandung

Perjalanan di mulai pukul 05.00, jadi habis shubuh langsung cabut menuju Gambir, jadwal kereta jam 06.10. Supaya nggak terlalu siang nyampe Bandung, jadi kami berangkatnya pagi-pagi, cz menurut informasi sekitar jam 17.00 dari Ciwidey menuju arah pulang udah jarang sekali angkot, cz planning kita cuma sehari disana, jadi harus dimanfaatkan betul-betul.

Perjalanan hanya diikuti 4 orang (Doni, Zaki, Linggar, Santi). Titik keberangkatan kami beda2, ada yang dari Grogol, Karet, dan Sekitaran Mall Ambasador. Untuk ke Gambirnya dapat dilalui dengan Busway dengan harga Cuma Rp.2.000,- (jam 05.00-07.00) transit dulu di Halte Busway Harmoni terus ngelanjutin yang ke arah Pulogadung (turun halte busway Gambir) atau kalau nggak mau nunggu busway (klo pagi biasanya armada buswaynya masih jarang) dapat menggunakan taksi, tapi untuk masalah harganya anda dapat tahu sendiri, bisa beberapa kali lipat dari harga busway. Kami naik kereta Argogede yang jam 06.10 dengan harga Rp.60.000,-. Sebenarnya kami mau naik kereta Parahyangan, cz harganya lebih murah sekitar Rp.30.000,- tapi dikarenakan jadwal kereta yang terlalu pagi, sekitar jam 5 pagi jadi kami memutuskan untuk naik yang agak siangan dikit, jam 06.10. Kereta datang tepat jam 06.10, tapi yah……tetep aja nyampe Bandungnya ngaret, seharusnya nyampe jam 09.20 jadi jam 10-an.

IMG_0216

Setelah tiba di Stasiun Bandung, kita nyari Damri jurusan terminal leuweh Panjang. Kami kira Damri dah tersedia di sekitaran stasiun seperti di stasiun Gambir yang mau kearah bandara, ternyata kami harus jalan dulu ke depan menuju jalan raya, ya….sekitar 300 meteran lah dari Stasiun Bandung. Harga Bus Damri ke Terminal Leuweh panjang Rp.2.500,-. Kemudian dari Terminal Leuweh Panjang kita nyari angkot menuju Terminal Ciwidey, nah…nih angkot nih klo penumpangnya ga bener2 penuh ga bakalan berangkat, jadi harus sabar menunggu sampai penuh full (kernetnya sampe ga dapet tmpt duduk, jadi dia nungging didalam angkot) baru berangkat. Perjalanan dari Terminal Leuwih panjang ke terminal Ciwidey kira-kira 1,5 jam-an dengan tarif Rp.7.000,-. Setelah nyampe di terminal Ciwidey, kita nyari angkot warna kuning menuju kawah putih. Di terminal ini hati2 dengan tukang ojek, cz sangat agresip. Angkot kuning ini melewati beberapa tempat wisata, secara berurutan dimulai dari kebun strawberry, kawah putih, pemandian air panas cimanggu, kebun the rancabali, dan yang terakhir situ patengan.

Tarif angkot menuju kawah putih Rp.7.000,- terus jika kita ambil titik terjauh dari  terminal ciwidey ke situ patengan menurut informasi di dunia maya tarifnya sekitar Rp.15.000,- (katannya sih plus tiket masuk) tarif tersebut belum pulangnya. Jadi kasarannya klo PP berarti Rp.30.000,- per orang, itu belum tiket masuk ke kawah putih dan klo mau ke tempat wisata yang lain harus cari atau nunggu angkot lagi. Karena kami diburu waktu, cz malamnya dah harus balik ke Jakarta, jadi dalam perjalanan kami tawar-menawar tuh sama si sopir, ya….akhirnya angkot tersebut kami carter dengan harga Rp.200.000,- jadi perorangnya kena @ Rp. 50.000,- tuh angkot dah bisa di bawa kemana-mana dari kawah putih sampe ke yang terjauh situ patengan terus balik lagi ke Terminal Ciwidey.

IMG_3269

Karena berburu dengan waktu jadi kita merasa belum puas merasakan keindahan ciptaan Allah SWT. Jam 17.00 kita dah cabut menuju Terminal Ciwidey. Kemudian kita naik angkot jurusan bandung (terminal leuweh panjang), menurut informasi klo mau naik angkot ini lebih baik jangan dari terminal cz berangkatnya lama, jadi nyari angkotnya lebih baik jalan keluar terminal agak jauh, cz klo dari sini si angkot langsung jalan ga nunggu sampe penumpang penuh. Karena kita sudah ketinggalan klo naik kereta (jam terakhir kereta dari Bandung – Jakarta jam 18.00), jadi mau ga mau harus naik travel menuju Jakarta, dan adannya travel di daerah Ciampelas. Dari Terminal Leuweh Panjang kita nyari angkot ke ciampelas, Tanya sopir angkot, yah…..ternyata si sopir ga tau daerah ciampelas, malah Tanya temennya, ternyata temennya juga ga tau…..terpaksa deh naik taksi, taksinya ga pake argo lagi, jadi kita kena biaya Rp.60.000,- kita terburu2 cz kita juga belum tau jadwal travel menuju Jakarta, klo ga buru2 mungkin dapet tuh taksi ber-argo, cz waktu itu jam dah menunjuk jam 20.00. Kita menggunakan jasa travel exTrans dengan tarif @Rp. 70.000,-  ya…Alhamdulillah masih ada jadwal keberangkatan ke Jakarta jam 21.45. Jadi ada waktu sisa untuk makan dan jalan2 disekitaran Ciampelas. Rasanya nggak cukup sehari menikmati tempat2 wisata di Ciwedey-Bandung.

April 10, 2009 / zhaxnti

The Pitcher By Kei Sadayasu

Komik zaman SMU yang sekarang masih belum tamat, karena sempat berhenti terbit beberapa bulan. Komik ini menceritakan tentang seorang anak siswa SMU di jepang yang suka bermain baseball dan melanjutkan kehidupannya di benua Amerika. Nama tokoh dalam komik ini adalah Magoroku Kai, sekolah di SMU Namishiro. Ketika SMU, dia adalah seorang anak yang boleh di bilang ‘slenge-an’ dia begitu cuek dengan keadannya di sekelilingnya serta dia tidak suka diganggu oleh orang lain. Dia suka berteman dengan orang yang biasa-biasa saja, nggak ‘neko-neko’. Suatu ketika dia dan temennya diganggu oleh seorang anak geng di sekolahannya, ya…biasalah anak SMU nyenggol dikit santap….dan itulah yang terjadi dengan mereka….dan dalam pertarungan itu di menangkan oleh Magoroku Kai. Setelah itu yang kalah tadi lapor deh ke bos geng nya…ehm…namanya juga lakon dalam komik, dihajar sampe gimanapun tetep menang….. Dari situlah nama Magoruku Kai di kenal semua orang, terutama oleh geng-geng anak sekolah disekitar Jepang. Komik ini sarat dengan pertarungan-pertarungan jalanan yang boleh dibilang sadis, dan sampai-sampai bos Yakuza (mafia jepang)pun terlibat dalam pertarungan dengan sang tokoh. Dalam komik ini tidak hanya pertarungan yang di tonjolkan, tapi juga pertandingan-pertandingan baseball yang dilakoni oleh sang tokoh, yang membawanya sampai ke negeri Obama… Dia ini adalah seorang Pitcher yang handal, dimana kekuatannya adalah ditangan kiri (kidal), tapi dia juga sangat bagus bila dijadikan seorang Batter. Dia sangat diremehkan ketika pertama kali datang ke Amerika, tapi dia membuktikan bahwa dia mempunyai kemampuan yang setara bahkan mugkin diatas pemain-pemain yang berlaga di liga baseball Amerika, termasuk pemain-pemain New York Knights.

October 10, 2008 / zhaxnti

Eclipse

Eclipse ini bukanlah software yang digunakan utuk pemrogaman JAVA, melainkan suatu peristiwa di luar angkasa yang dinamakan dengan gerhana, yang berakibat langsung dengan apa yang dinamakan satellite. Jadi ketika gerhana terjadi, satellite berada dalam daerah bayangan bumi atau bulan, satellite mendeteksi konjungsi bumi dan bulan ( bumi menutupi bagian bulan yang nampak dari sudut pandang satellite ) ataupun sebaliknya, sehingga satellite tidak mendapatkan pancaran sinar matahari yang biasanya digunakan sebagai bahan baker dalam pengoperasiannya.

Pergerakan relative matahari terhadap bumi menyebabkan posisi matahari selalu bergeser secara dinamis. Pergeseran kedudukan matahari dari belahan selatan ke belahan utara bumi ataupun sebaliknya, mempengaruhi hari terjadinya gerhana dalam setahun. Sedangkan pergeseran dari arah timur ke barat khatulistiwa ataupun sebaliknya, mempengaruhi saat terjadinya gerhana pada suatu hari tertentu. Matahari berada di belahan selatan bumi pada sekitar tanggal 23 September – 20 maret. Sebaliknya pada sekitar 21 Maret – 22 September, matahari berada di belahan utara bumi.

Satellite Geo mengalami dua periode gerhana matahari di sekitar vernal dan autumnal equinoxes sebanyak kurang lebih 90 hari per tahun. Menurut iklim bumi belahan utara ( Northern Hemisphere ), periode pertama gerhana matahari terjadi pada musim semi ( spring ) mulai akhir Februari atau awal Maret hingga Pertengahan April. Periode kedua terjadi pada musim gugur ( fall / autumn ) mulai awal September hingga pertengahan Oktober. Puncak gerhana matahari dengan durasi selama kurang lebih 70 menit, berlangsung pada sekitar 21 Maret dan 23 September.

Lha…terus pas eclipse, satellite beroperasi menggunakan tenaga darimana…..lha wong satellite nya ga dapat sinar matahari…..Ternyata ketika solar panel mendapatkan sinar matahari, ada energi tertentu yang disimpan dalam beteray, jadi ketika eclipse terjadi, tenaga yang digunakan dari satellite adalah tenaga dari bateray, dan ketika eclipse selesai, satellite mendapatkan sinar matahari kembali sebagai tenaga dalam pengoperasiannya sekaligus nge-charge bateray yang habis ketika eclipse berlangsung, dan kejadian tersebut terus berlangsung selama terjadi eclipse.

October 9, 2008 / zhaxnti

” Barang Luar Angkasa “

Kontrol dan kendali barang yang ga’ terlihat emang gampang2 susah….lha gimana yang di liat cuma data yang mengkondisikan bahwa barang tersebut masih ada dan tetap ditempat, ya itulah ” Barang Luar Angkasa  ( Satellite ) “. Walaupun begitu bangga juga sih…bisa ngontrol barang yang dapat memajukan Telekommunikasi Indonesia bahkan dunia, cz coverage area yang sangat luas. Ya..ga ada salahnya sedikit sharing apa yang ada dalam tubuh satellite ( yang q kontrol ) secara singkat, padat dan jelas.

Dalam tubuh bahenol satellite ada 2 macam modul :

1. Modul Payload

  • Komunikasi Antena Transponder ( C-Band repeater, Ku-Band repeater dan Antenna )

2. Modul Bus

  • Sub system tenaga penggerak ( propulsion )
  • Sub system ACS ( Attitude Control System )
  • Sub system TCR ( Telemetry  Command & Ranging )
  • Sub system power & thermal

PAYLOAD

Payload untuk kommunikasi satellite terdiri dari antenna untuk menerima dan mengirimkan sinyal dan transponder untuk menguatkan dan mengubah frekuensi sinyal. Tiap antenna terdiri atas dua buah permukaan, masing-masing untuk polarisasi horizontal dan vertikal, sehingga memungkinkan transmisi sinyal dalam kedua polarisasi secara simultan. Polarisasi horizontal liniear dan parallel terhadap bidang khatulistiwa, sedangkan polarisasi vertikal liniear dan orthogonal terhadap polarisasi horizontal. Polarisasi orthogonal memungkinkan penggunaaan kembali frekuensi ( frekuensi reuse ).

BUS

  • Propulsion

Sub sistem propulsion menyediakan impulse untuk semua fasa pada misi, ketika satellite berada pada geosyncrhonus orbit transfer. Dan dalam sub system ini terdapat Tangki bahan bakar dan pengoksidasi, serta thruster sebagai penghasil torsi ( tenaga gerak ) untuk pengendali posisi dan untuk mengubah orbit. Disamping itu terdapat juga sistem pengukur bahan bakar yang digunakan selama operasi on-station untuk secara akurat mengukur sisa bahan bakar dan memperkirakan jangka hidupnya.

  • Attitude Control System

ACS menyediakan sensor, pengontrol aktuator dan pengolah elektronik untuk mengontrol sikap satellite selama misinya. ACS mempunyai otonomi dalam pengecekan satellite, pendeteksian keselahan dan melakukan koreksi terhadap kesalahan yang terjadi. Pada mode normal ACS dapat mengontrol satellikte dan melakukan operasi untuk periode waktu tertentu tanpa interverensi dari stasiun bumi. Sensor Posisi, antara lain :

o Sensor perputaran bumi dan matahari pada transfer orbit

o gyro pendeteksi gerak satellite dalam arah pitch,yaw dan roll

o sensor akuisisi bumi dan matahari

o sensor bumi statis untuk station keeping

o sensor beacon untuk mengarahkan operasi satellite

· Telemetry, Command & Ranging

Sub system ini didukung oleh antenna dengan gain tinggi dan antenna omniderctional. Antenna omnidirectional digunakan pada saat transfer orbit dan sebagai backup pada operasi on-station bila terjadi anomali pada satellite. Beberapa fungsi Sub System TCR :

o Fungsi Telemetry mengumpulkan, memformat, memodulasikan dan mengirimkan informasi kinerja satellite.

o Fungsi Command menerima, melakukan demodulasi, dekode dan distribusi perintah dari ACS ataupun stasiun bumi.

o Fungsi Ranging memodulasi tone ranging telemetri downlink untuk menentukan jarak satellite dari bumi.

  • Power & Thermal

Subsystem daya listrik memberikan daya listrik pada satellite selama misinya. Solar sel array silicon menyediakan daya listrik selama satellite mendapat cahaya matahari dan bateray digunakan untuk menyimpan energi.

Sub sytem thermal bertugas menghasilkan platform lingkungan thermal yang stabil dan terkendali selama berlangsungnya fase misi operasional satellite. Tersusun oleh suatu selimut yang dinamakan MLI ( Multi Layer Insulation ) sebagai pelindung badan satellite yang langsung terkena sinar matahari untuk meminimalkan efek penyerapan panas matahari oleh badan satellikte. Dan panel radiator bertugas membuang resapan panas internal ke ruang angkasa, terutama dari penguat daya tinggi, TWTA dan SSPA.

Sementara itu dulu……..Mata dah kiyep-kiyep……Mau Tidur.

August 14, 2008 / zhaxnti

Kemerdekaan

Kurang 3 hari lagi kita akan merayakan apa itu yang namanya Agustusan, suatu istilah untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI yang sudah umum diucapkan oleh masyarkat Indonesia, tapi menurutku istilah tersebut kurang memaknai apa yang di maksud dengan Kemerdekaan dibandingkan dengan perjuangan para pahlawan dan anak2 bangsa yang begitu gigih dan mati2an untuk mendapatkan kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan negeri tercinta ini. Agustusan, suatu istilah yang kedengarannya penuh dengan foya2, perayaan singkat yang tidak mau tahu perjuangan anak2 bangsa yang secara berani membela tanah air tercinta beberapa tahun yang lalu. Dimana Agustusan adalah bulan agustus yang penuh dengan lomba2 dan hadiah yang berlimpah ruah, itulah makna yang selama ini tertanam di generasi muda bangsa Indonesia……terus makna sebenarnya dari HUT Kemerdekaan RI sendiri itu apa ???????

Kemerdekaan Ri bukanlah suatu hadiah…melainkan suatu perjuangan yang gigih dan penuh do’a…..

Kemerdekaan Ri bukanlah suatu hajatan…melainkan suatu instropeksi diri dari sekian tahun qt merdeka…..

Kemerdekaan RI adalah milik semua orang dan bukan milik orang2 tertentu saja…..

Kemerdekaan RI adalah suatu rahmat Allah SWT…..

tidaklah pantas kita menggembor-gemborkan Kemerdekaan RI dgn berfoya-foya…
tidaklah pantas kita merayakan Kemerdekaan RI dgn berpesta pora…

mari kita smua merenung sedalam-dalamnya…
apakah kita sudah pantas disebut sebagai anak bangsa yg cinta pada negerinya sendiri…
apakah kita sudah pantas disebut sebagai generasi muda penerus pembangunan…
apakah kita sudah pantas disebut sebagai warga negara yg rela berkorban untuk tanah airnya…
lalu…
APAKAH KITA SUDAH PANTAS MERAYAKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA…
APAKAH KITA SUDAH PANTAS MEMAKNAI KEMERDEKAAN INI….

renungkanlah…
pikirkanlah…
hayatilah…teruskanlah cita-cita bangsa…….
smuanya hanya untuk negeri kita tercinta…INDONESIA

SELAMAT HUT KEMERDEKAAN KE-63 REPUBLIK INDONESIA…

August 13, 2008 / zhaxnti

Nge-Shift

Kerja malam pulang pagi…..Aduh…..Bahaya ga ya ???? Ehmmmmm…ternyata berdasarkan penelitian kira2 bulan Novenber tahun 2007 oleh International Agency for Research on Cancer (IARC), divisi kanker dari WHO, Kerja malam atau lebih umum dikenal dengan kerja shift malam dapat menyebabkan Kanker, hal ini dikarenakan kerja shift malam memberikan peluang pada tubuh untuk memproduksi karsinogen (zat penyebab kanker), Haduhhhhhhh bisa berabe nih……Ya Allah semoga penyakit ini tidak terjadi pada hamba mu ini, Amin.

Dan IARC menegaskan terjaga di malam hari memicu sel kanker payudara bagi perempuan dan kanker prostat bagi pria. Karena kerja shift malam menjadi faktor karsionen. Para peneliti menduga kerja malam ini menganggu ritme sirkadian. Selain itu hormon melatonin yang berperan menghambat pertumbuhan tumor, normalnya diproduksi saat malam. Sehingga kurang tidur membuat sistem kekebalan tubuh mudah diserang sel kanker dan tidak memiliki kekuatan untuk menyerang balik.

Kerja shift juga berhubungan dengan respon tubuh terhadap cahaya. Richard Stevens, guru besar pakar Epidemiologi Kanker dari University of Connecticut health center juga mendukung keseimbangan terang dan gelap sangat diperlukan. Bahkan sebagian pengusaha mengadakan riset warna lampu, hasilnya, warna merah, yang kurang nyaman digunakan saat bekerja, justru paling tak berpengaruh pada produksi hormon melatonin, yang diproduksi saat malam.

Di sini bisa dipahami, mereka yang bekerja malam hari ( termasuk aq nih… 😦 )menjalani pola hidup yang ‘terganggu’, karena sistem penerangan saat bekerja di malam hari juga menjadi penyebab kanker. Karena cahaya lampu mampu mengeluarkan melatonin yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker.

Bismillahirrahmanirahim…..Ya Allah…aq ikhlas kerja karenaMu, aq mencari rezeki yang halal di jalanMu, oleh karena itu jagalah selalu hamba Mu ini dari segala resiko pekerjaan yang hamba hadapi, semoga Engkau selalu memberikan kesehatan pada hambaMu ini yang lemah dan tak berdaya. Amin

August 11, 2008 / zhaxnti

Linux ( Menantang ) dan Windows ( Tinggal klik )

Linux memang salah satu operating system yang membuat ati selalu penasaran untuk selalu mencari inovasi2 yang baru karena sifatnya yang open source, jadi apabila kita menginstall suatu aplikasi kita dapat menambah maupun mengurangi program yang disediakan yang hasilnya nanti sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dan dengan begitu kita dapat terus belajar dan belajar apabila kita gagal dalam mengkonfigurasi suatu aplikasi. Hati akan selalu tertantang untuk terus mencari dan mencari kesalahan ( error ) yang membuat aplikasi tersebut gagal diaplikasikan. Sedangkan Windows adalah operating system yang bersifat closed source, jadi kita tinggal install kemudian terus menggunakannya, jadi tinggal klik..klik….klik..klik…jadi dech….. Memang dari sekian banyak manusia di bumi, windows memang jadi pilihan nomor 1 operating system yang paling banyak dipakai karena kemudahan operasionalnya, tapi bagi orang yang seneng nguprek ( berpikir dan terus berpikir ) linux adalah nmr 1. Dan jangan salah…….Windows vista yang begitu syuuurrrrr masih kalah sama linux dengan beryl dan compiz nya…..ga percaya….nih liat sendiri…

Wah….bagus ya….window nya bisa dilengkung2kan…ada efek 3D nya juga…dan kalau window nya di minimize atau di close akan ada nyala api membara..seremmm!!!!!. Itu sih masih belum seberapa….masih banyak lagi yang lain….. Enjoy it with pinguin 😀